News
Loading...

Cara Pasang Shoutbox

Holaho! Gimana kabar, permakers? Tempo hari saya sudah memperlihatkan beberapa pilihan gaya shoutbox. Sudah anda pilih salah satu? Belum? Lho kok belum? Ya sudah sekarang dikerjakan, kalau sudah selesai dikumpulkan di meja guru... heheheheheh... untuk memberi contoh pemasangan shoutbox, saya pilihkan satu ya?  Kenapa satu? Supaya ringkas dong, kalau dipilih enam belas namanya bukan contoh tapi nekat. Pilihan saya jatuh ke http://www.shoutmix.com tanpa ada alasan khusus toh sebagian besar shoutbox memiliki proses yang sama dalam pendaftarannya.

1. Yang pertama anda lakukan adalah melaju ke situs shoutbox dan melakukan pendaftaran (coba cari teks register atau join in untuk bergabung). Di shoutmix.com, klik button create shoutbox. Anda akan dibawa ke form pendaftaran, isi semua form yang dibutuhkan dengan lengkap, setelah selesai mengisi klik continue. Eh, tapi jangan lupa untuk mencentang (centang atau contreng si yang bener?) kotak di depan tulisan "I have read and agree to Terms of Service". Selesai, lanjutkan dengan continue.




2. Pada halaman berikutnya anda akan dibawa ke halaman kontrol shoutmix. Untuk menyingkat waktu, langsung saja klik link Get Codes pada kotak Quick Start. Sebelumnya maaf karena saya mencoba membuat shoutbox ini pada dummy-blog alias blog coba-coba maka beberapa bagian saya blur / kaburkan. Di halaman berikutnya anda sudah masuk ke bagian kode. Tentukan panjang dan lebar kotak, lalu copy kode yang ada di kotak Generates Codes (untuk jaga-jaga bolehlah anda paste ke notepad dulu).



3. Kembali ke Blogspot. Login dengan username dan password anda, jangan username tetangga, kasihan dia. Lalu masuk ke menu Layout blog yang hendak anda berikan shoutbox, pilih Page Elements kemudian pilih lokasi yang tepat untuk memasang shoutbox anda nanti (jangan dipasang di kompor). Misalnya anda memilih sidebar, klik add gadget, pilih  opsi HTML / Javascript dan paste kode shoutbox di lokasi gadget tambahan.

Sudah. Selesai. Finito. Done. Mudah kan? Klik view blog dan makjegagig, shoutbox sudah mejeng. Misalnya ukurannya kegedean atau terlalu lebar, utak atik lagi di kolom panjang lebar shoutmix.

Selamat mencoba.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar