News
Loading...

Merubah kode HTML menjadi XML ( Part 6)

Part 6 kita akan merubah kode HTML template menjadi XML agar dapat di pasang pada blogspot, OK sudah siap lanjut? Jangan lupa bagi yang ketinggalan artikel baca dulu artikel di bawah ini :

Cara Membuat Template Sederhana Blogspot : Part 1, Part 2 , Part3, Part4, Part 5

Let’s Go... Setelah semua urusan kode html dan kode css selesai kita buat, ini saatnya menambahkan kode khusus untuk Blogspot supaya dapat kita pasang template yang kita buat di Blogspot. OK.. ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  1. Buka Software HTML Kit , klik di Open from recent files this : dan pilih file yang sudah kita buat diawal kemarin(desain template blogspot )trus klik ok.
  2. Muncul halaman yang kita buat kemarin. Cari kode :

    <!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01 Transitional//EN">
    <html>

    Yang ada di bagian paling atas, lalu ganti kode tersebut dengan kode di bawah ini :

    <?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
    <!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Strict//EN" "http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-strict.dtd">
    <html xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'>


  3. Kemudian dibawah kode <head>tambahan kode di bawah ini :

    <b:include data='blog' name='all-head-content'/>

    Lalu pada kode :

    <title>Desain Template Blog</title>

    Tulisan Template Blog Sederhana ganti dengan kode dibawah ini :

    <data:blog.pageTitle/>

    Dan kode :

    <style type="text/css">
    diganti dengan kode
    <b:skin><![CDATA[

    Kode Lengkapnya seperti gambar dibawah ini :
    cara membuat template blogspot
    Kemudian cari kode
    </style>
    untuk mempermudah pencarian silahkan tekan tombol ctrl+f dan copas kode tadi. Kalau sudah ketemu ganti kode tersebut dengan kode
    ]]></b:skin>


  4. Nah kalau proses ini sudah selesai coba klik file> save as beri nama template diikuti .xml lalau klik save. Nah jadi sudah file template kita dan siap di upload di blog kamu. Untuk cara upload bisa baca artikel Cara Ganti Template Blogspot. setelah di upload klik kanan pada lihat blog lalu klik “Open Link in new Tab” bagaimana sudah muncul template hasil karya kamu sendiri? Untuk sementara seperti itu ya dan tampilannya seperti gambar di bawah ini :
    cara membuat template blogspot
    Kalau ada yang menemukan sidebar-kanannya masih di bawah sidebar-kiri masuk ke Edit HTML lalu cari #content. Untuk mempermudah silahkan tekan F3 pada keyboard untuk mencarinya. Kalau sudah ketemu ubah width nya menjadi 492px, lalu klik tombol Simpan Template.
    Contoh jadinya silahkan kunjungi : http://tempfor.blogspot.com/

Lihat kembali blog kamu bim salabimmmm... jadi seperti gambar diatas kan?... ok berhasil... berhasil... berhasil... ada yang kurang paham? komen aja ya atau contact us nanti kami jawabnya...
Untuk berikutnya Cara Membuat Template Sederhana Blogspot akan menambahkan kode khusus Blogspot untuk menampilkan judul Blog dan Diskripsi. Baiklah kawan Permak Blogs tunggu tutorial blog selanjutnya ya... cauuuuuuu....

Part7 - Cara Menambah Kode Khusus Header dan Diskripsi Template Blogspot
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

9 komentar :

  1. Tutorial yang menarik bro. Jadi kita bisa membuat blogger template sendiri yah. Saya juga mau mengganti template blog saya "Reborn Blogger" dengan kreasi sendiri.

    Thanks untuk tutorialnya.

    BalasHapus
  2. @Ivan Jaya : thanks bro kunjungannya... moga2 bermanfaat bro.. mampira lagi ya... :)

    BalasHapus
  3. Mas bro, sy mau tanya nih. Sy kn lg cari template online shop. nah pas yang bagus2 templatenya malah format html. Caranya untuk merubah menjadi xml gmn ya? Sy sdh obok2 mbah google n coba tp hasilnya nihil. Mohon bantuannya ya bro, trims..

    BalasHapus
  4. @indomoringa : coba tutorial diatas bijimane bro? ini template untuk blogspot kan?

    BalasHapus
  5. thanks banget infonya buat saya yg lagi belajar html.jangan lupa mampir di blog ane gan tiki kuta

    BalasHapus
  6. izn mau adobsi ya gan hehehe...? ntar lo ud pinter pasti mo balik lagi kisini tapi lo lupa pulang ingtkan ya gan..? oh iya gan ni blog agan di netbook ane posting dan kolom komentar di sebelah kanan ada beberapa tulisan yang hilang tertutup oleh layar netbook dan di bagian sidebar juga seperti itu gambar tidak penuh atau hilang sedikit kayak ada yang kebesaran , maaf gan ini sekedar info heheh..?

    BalasHapus
  7. gimana cara mengubah html blog menjadi xml

    BalasHapus
  8. Selamat malam Suhu,,, saya pengen dan mau belajar ni ke Suhu, tolong ajarin dong suhu, tolong save wa ku suhu 082364456445 please, ada yang mau aku tanya Suhu,,,

    BalasHapus