News
Loading...

Cara Membuat Template Sederhana Blogspot (Part 2 )

Template_BlogspotHalo ketemu lagi, apa kabarnya? Artikel kali ini melanjutkan artikel cara membuat template sederhana blogspot part 1, sudah pada baca belum ? yang belum baca dulu ya :

Cara Membuat Template Sederhana Blogspot (Part 1 )

Kalau yang sudah bisa langsung nich ke langkah selanjutnya, yaitu penulisan kode HTML dan Kode CSS. Untuk Part 2 ini kita akan membuat kode HTML standart, penulisan bagian-bagian yang akan di tampilkan pada template. Oh ya sudah download HTML Kit belum? Kalau belum nich download di sini Download HTML Kit , jangan lupa di instal ya. Kalau sudah mari kita memulai menulis kode HTML.

LANGKAH PERTAMA
  1. Buka Software HTML Kit , klik di Create a new file lalu klik ok
  2. Nah sekarang muncul halaman baru dengan beberapa kode HTML, ini kode standart yang ada di web . Ganti tulisan yang diapit <title>....</title> dengan judul blog yang kamu suka.Open_new_HTMLKit
  3. Setelah tag ...</title> klik enter, lalu tambahkan style. Caranya klik Action > Tools > HTML Tags Wizard > STYLE dan klik ok.Input_Style_CSSMaka pada halaman akan muncul tulisan <style type=”text/css”>....</style> , nah disinilah nanti kita akan meletakan kode CSS untuk mengatur letak komponen dari template.Input_Style_CSSb
  4. Langkah selanjutnya, pindah crusor ke antara <body>.... </body>. Di posisi ini digunakan untuk menempatkan isi dari bagian-bagian template blog. Sekarang siapkan struktur yang sudah di buat di kertas pada artikel Cara Membuat Template Sederhana Blogspot (Part 1 ) dan tulis seperti gambar di bawah ini :struktur-html Keterangan :
    Kotakblog – kotak dimana kita meletakan semua komponen yang akan kita tampilkan di template blog seperti header, sidebar, kontent dan footer.
    Header - Tempat diletakannya judul blog dan diskripsi
    Top menu - Tempat diletakannya menu-menu yang membantu pengunjung menemukan yang mereka cari dalam blog kamu
    Kotak-content - kotak dimana kita meletakan sidebar kiri, konten (postingan), dan sidebar kanan.
    Ruang-sidebarkiri - ruang dimana kita meletakan sidebar kiri
    Kontent – ruang dimana kita meletakan judul artikel, isi artikel, metatag komentar maupun form komentar
    Ruang-sidebarkanan - ruang dimana kita meletakan sidebar kanan
    Footer – biasanya sich digunakan untuk meletakan tahun pembuatan blog dan identitas pembuat.
  5. Sementara di simpan dulu ya, tekan ctrl+s dan beri nama desain template blogspot.
OK sudah mulai jelas ya ? kalau belum kontak kami aja atau tinggalkan komentar :). Untuk sementara segitu dulu ya karena sudah mulai ngatuk, mau tidur dulu... untuk part 3 kita akan membahas penulisan kode HTML dan CSS untuk bagian Header maupun Top Menu. Jadi jangan lupa ya mampir lagi di mari ... coming soon Mengatur Header dan Top Menu (Part 3 )
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar